Senin, 23 Mei 2011

Resume Buku

Menjadi Murabbiyah Sukses
oleh Cahyadi Takariawan dan Ida Nur Laila

Bismillah..

Tarbiyah merupakan proses pembinaan diri dan umat menuju arahan ideal dalam islam.Sebuah kontemplasi untuk menemukan makna dan hakikat kebajikan,sebuah proses penggalian nilai-nilai dasar kebenaran,keadilan,kearifan dalam hidup.Tarbiyah dalam pengertian ini bisa terjadi dalam ruang lingkup individu maupun kolektivitas sebuah jama'ah.
Ketika langkah dakwah mulai menapaki ranah publik,kebutuhan kader yang berkualitas dalam jumlah yang besar menjadi sebuah keniscayaan yang mendesak.Untuk itulah,tarbiyah berorientasi kepada peningkatan kuatitas dan kualitas kader.Mengenai kualitas terdapat dalam Q.S Al-Anfal:65.
7 profil kader yang berkualitas yaitu,
  1. kokoh dan mandiri
  2. dinamis dan kreatif
  3. spesialis dan berwawasan global
  4. murabbi produktif
  5. beramal jama'i
  6. pelopor perubahan
  7. ketokohan sosial
Makna Tarbiyah Islamiyah
Dalam buku ini terdapat banyak sekali pandangan para ahli tentang tarbiyah.Dr.Ali Abdul Halim Mahmud memaknai tarbiyah sebagai cara ideal dalam berinteraksi dengan fitrah manusia,baik secara langsung (kata-kata) maupun secara tidak langsung (keteladanan dan sarana-sarana lain) untuk memproses perubahan dalam diri manusia menuju kondisi yang lebih baik.


Obyek dan subyek Tarbiyah
Dalam sebuah program tarbiyah,yang mendapatkan sentuhan tarbiyah bukan hanya mutarabbiyah,namun yang pertama kali justru para murabbiyah.Kedua belah pihak tersebut adalah obyek dan subyek tarbiyah.
Visi Tarbiyah
Menjadikan akhawat muslimah yang produktif dan mampu menanggung amanah dakwah,akhawat muslimah yang memiliki wawasan yang ilmiah dengan berbagai ilmu pengetahuan yang dibutuhkan ;mendukung potensi dan skill akhwat muslimah dalam berbagai segi produktif yang diperlukan ,demi mendukung dan mewujudkan cita-cita dakwah.


 Tujuan Tarbiyah Islamiyah
Menciptakan keadaan yang kondusif bagi manusia untuk hidup di dunia secara lurus dan baik,serta hidup di akhirat dengan naungan ridha dan pahala Allah SWT.
Tujuan Tarbiyah akhwat yaitu untuk membentuk kepribadian muslimah,sebagai aktivis,memberikan pelatihan amal dan lapangan dan memberikan pelatihan praktis.


Muwashafat Tarbiyah
  1. aqidah yang lurus
  2. ibadah yang benar
  3. akhlaq yang terpuji
  4. memiliki jiwa kemandirian
  5. berilmupengetahuan luas
  6. fisik yang sehat dan kuat
  7. mujahadah
  8. memiliki jiwa kerapihan dan keteraturan
  9. efektif dalam menjaga dan memanfaatkan waktu
  10. bermanfaat bagi yang lainnya.
Urgensi Tarbiyah bagi akhwat mslimah
  1. keadilan taklif antara lelaki dan perempuan
  2. menguatkan kecenderungan akhawat muslimah kepada kebaikan
  3. antisipasi kondisi eksternal
  4. mempersiapkan akhawat muslimah untuk mengemban peran peradaban
  5. kekhususan kaum wanita
  6. akhawat muslimah memerlukan kebersamaan
Kunci meraih kemenangan 
Dengan cita-cita yang tertanam dalam setiap jiwa,didukung SDM unggulan yang terus bekerja tanpa lelah untuk mewujudkan cita-cita tersebut,insyaAllah Anda akan jadi pemenang.


Kiat menimbulkan ketertarikan dalam tarbiyah
  • keikhlasan
  • penampilan
  • bahasa komunikasi yang baik
  • perhatian terhadap mutarabbi
  • keramahan dan kehangatan
  • keilmuan
  • posisi sosial
  • senyum
Penentuan kelompok tarbiyah dilakukan berdasarkan kedekatan kecenderungan ,kedekatan kondisi sosial dan ekonomi,kedekatan usia,kedekatan lokasi,kedekatan waktu keterlibatan.


Persiapan menjadi Murabbiyah
  1. siapkan mental
  2. siapkan ilmu
  3. siapkan spiritualitas
  4. akhlak
Beberapa tips dalam mengelola mutarabbiyah menurut ukhti Ratna Anggraini yaitu,membangun keterbukaan,hidupkan suasana diskusi,libatkan mereka dalam pogram halaqoh,variasi kegiatan halaqoh,libatkan mereka dalam acara keislaman,libatkan juga dalam aktivitas amal jama'i,dan jangan terlalu banyak memberi beban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Anak Palestina

sumber:google.com Mencekam, itulah kata pertama yang terlintas jika mendengar kata Gaza, Palestina. Tak terbayangkan bagaimana warga ...