Senin, 23 Mei 2011

Tafsir Q.S Al-Muzammil

Tafsir Q.S Al-Muzammil

Bismillah..

Al-Qur'an merupakan kalamullah yang merupakan mukjizat yang melemahkan yang lain,disampaikan ke dalam hati Nabi Muhammad SAW dan disampaikan secara mutawattir(validitasnya tidak diragukan lagi).Al-Qur'an disampaikan oleh orang-orang yang terjaga seperti Rasulullah dan malaikat Jibril yang senantiasa Allah sucikan hatinya dan  membacanya mendapatkan pahala.Iman kepada Al-Qur'an ditunjukkan dengan cara membacanya,memahaminya,mengamalkannya,menghapalnya,serta menjaganya.

Q.S Muzammil sendiri terbagi menjadi 2 bagian,yaitu dari nada,tekanan,irama saat membacanya,dan juga konten atau isinya.Saat membaca di akhir ayatnya banyak sekali ditemukan alif lam bertemu tanwin yang bertanda harus membacanya dengan lembut,tenang,agung,namun sebenarnya mengandung urusan yang serius,kedahsyatan yang bertubi-tubi.

Kandungan yang terdapat dalam surah ini ada 2,yaitu surah ini merupakan seruan tugas untuk berdakwah dan juga persiapan untuk memikul tugas tersebut.Karena dakwah bukanlah hal yang mudah.

Pada awal ayat dapat kita ketahui bahwa Allah memerintahkan kita untuk mendirikan sahalat malam pada seperdua atau sepertiga malam untuk menguatkan akal serta ruhiyah.Pada saat perintah ini turun,shalat malam menjadi seperti wajib bagi Nabi dan para sahabat,namun ketika turun ayat yang ke-20 perintah itu menjadi sunnah.
Seruan Allah yang terdapat dalam Q.S Muzammil:
  • Membaca Al-Qur'an dengan tartil
  • Dzikir dengan penuh kesyukuran
  • Beribadah pada-Nya sepenuh hati
  • Tawakkal ilallah
  • Bersabar
  • Membiarkan Allah yang membalas terhadap perbuatan orang-orang kafir
  • Laksanakan shalat,tunaikan zakat,dan memberikan pinjaman yang baik kepada Allah
Wallahu a'lam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Anak Palestina

sumber:google.com Mencekam, itulah kata pertama yang terlintas jika mendengar kata Gaza, Palestina. Tak terbayangkan bagaimana warga ...